PENGARUH
MEDIA TERHADAP DUNIA BISNIS
Apa
itu Media?
Media adalah
segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau
pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata
“medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara"
atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan
penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah
alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator
kepada khalayak.
Apa
itu Bisnis?
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara
historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang
berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
Pengaruh
Baik Media Terhadap Dunia Bisnis
Meningkatkan
Efektifitas dan efisiensi
Pemilik bisnis dapat
menggunakan media yang ada untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja
mereka. Dengan begitu lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan
waktu yang relative lebih singkat.
Meningkatkan
Potensi Bisnis
media memungkinkan perusahaan
untuk dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah baik itu dalam atau luar
negeri. Bahkan usaha kecil pun mampu bersaing dengan usaha yang lebih besar
menggunakan koneksi internet dan memasarkan produk mereka disana. Terlebih
dengan penggunaan website, penjualan internet dapat beroperasi selama 24/7
sehingga memungkinkan perusahaan untuk menawarkan productnya secara terus
menerus.
Memunculkan
Paradigma Baru Dalam Bisnis
Dalam konteks bisnis, media
membawa dampak yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis yang dikenal
dengan nama digital marketing atau internet marketing yang memanfaatkan
internet sebagai media pasar.
Pengaruh
Buruk Media Terhadap Dunia Bisnis
Munculnya
Modus Kejahatan Baru
Munculnya
media, seperti media online sebagai sarana untuk mempromosikan barang atau jasa
yang ditawarkan kepada pembeli, memiliki potensi untuk modus kejahatan baru
antara lain pembobolan akun online untuk berbelanja, yang dimana terdapat data
penting pengguna seperti nomor rekening dan data pribadi pengguna. Selain itu,
juga terjadinya penipuan dari media yang menawarkan jasa atau barang, padahal
barang tersebut atau jasa tersebut tidak ada.
Biaya
yang cukup besar
Dalam pembuatan iklan melalui media
massa, media cetak, ataupun yang lainnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dalam
pembuatan sebuah iklan dibutuhkan tenaga ahli dan ide kreatif yang menunjang
keberhasilan sebuah iklan untuk meningkatkan penjualan barang. Kecuali media online
yang hanya membutuhkan koneksi internet untuk mempromosikan barang dan jasa.
Jangkauan
Konsumen
Konsumen
merupakan target dari sebuah bisnis. Peran media diharapkan dapat mencakup
semua kalangan masyarakat. Namun, tidak semua masyarakat menggunakan media yang
sama untuk mendapatkan informasi, bahkan untuk kebutuhan barang dan jasa yang
mereka inginkan. Oleh karena itu, diperlukan banyak media massa yang murah dan
menjangkau semua lapisan masyarakat seperti lapisan masyarakat menengah
kebawah.
Daftar pustaka :
http://8thinktank.co.id/business/dampak-perkembangan-teknologi-terhadap-bisnis-anda/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar