DAMPAK
EKONOMI DARI PENGARUH WEB
INTRO
Pada zaman sekarang ini,
banyak orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya website.
Semakin mudahnya akses internet saat ini membuat semua orang memanfaatkan
fleksibilitas penggunaan internet semaksimal mungkin.
Para pelajar
mempergunakan internet sebagai sarana untuk belajar pada website, mencari
materi atau sumber referensi belajar yang lain selain buku. Para professional mempergunakan
internet untuk melakukan pekerjaan secara remote (jarak jauh) melalui sebuah
website untuk berikirim pesan dan masih banyak kegunaan website lainnya.
Namun, apakah kalian pernah
menyadari bahwa melalui sebuah website dapat berdampak pada perekonomian ? Mari
simak pembahasan tentang dampak ekonomi dari pengaruh website berikut.
Sebelum kita membahas
lebih jauh tentang dampak ekonomi dari pengaruh website sebaiknya kita
mengetahui pengertian dari ekonomi dan website. Apa arti dari ekonomi? Dan apa
arti dari website ?
PENGERTIAN
EKONOMI
“Ekonomi merupakan salah satu ilmu
sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,
distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa”
– Wikipedia.
Jadi, ekonomi mempelajari
hubungan antar manusia yang melakukan aktivitas
produksi (biasa disebut dengan produsen atau orang yang menghasilkan suatu
produk yang dapat dijual), distribusi
(hal ini dilakukan oleh produsen ataupun ada orang ataupun lembaga yang menjadi
distributor yang bertugas untuk menyalurkan produk dari produsen ke pengguna
produk tersebut), konsumsi (orang
yang menikmati atau menggunakan produk dari produsen).
PENGERTIAN
WEBSITE
Website sering juga
disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan
berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi,
suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis
maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling
berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau
hyperlink di dalam WWW (World Wide Web) yang terdapat pada internet.
IKLAN
:
1.
PENGERTIAN
IKLAN
Iklan
adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya
tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.
Dengan
kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang
dijual, dipasang di media massa seperti kran dan majalah atau di tempat-tempat
umum.
Kata
Iklan berasal dari kata Yunani yang artinya menggiring orang-orang kepada
gagasan. Pengertian iklan secara lengkap yaitu semua wujud aktivitas untuk
mendatangkan dan menawarkan penemu/ide, barang dan/atau jasa secara bukan
personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.
2.
DAMPAK
DARI IKLAN WEB TERHADAP EKONOMI
-
Iklan pada web memperluas alternatif bagi
konsumen. Dengan adanya iklan, konsumen dapat memilih berbagai macam produk
yang ada.
-
Iklan pada web membantu produsen
menimbulkan kepercayaan pada konsumennya.
-
Iklan pada web dapat membuat orang
kenal, ingat dan percaya.
-
Iklan pada web membuat orang tahu akan
kebutuhannya dan dimana ia dapat memperoleh kebutuhan tersebut. Sehingga dapat
menjangkau pengusaha yang kecil sekalipun yang dapat meningkatkan perekonomian.
-
Iklan pada web secara tidak langsung
telah ikut memajukan perekonomian Negara.
PENJUALAN
ONLINE :
1.
PENGERTIAN
Penjualan
online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai
menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang
didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan
internet.
2.
DAMPAK
PENJUALAN ONLINE MELALUI WEB KEPADA EKONOMI
-
Ruang dan waktu bukan lagi menjadi
kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan
kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar
mancanegara. Hal tersebut menjadi pemicu terjadinya peningkatan perekonomian
dengan semakin mudahnya perdagangan.
-
seseorang lebih mudah untuk mengembangkan
usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online.
-
Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung
secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia
ekonomi.
3.
MEDIA
PENJUALAN ONLINE
-
Website
Zaman sekarang ini banyak sekali website
penyedia layanan jual beli online. Siapapun dapat menjual ataupun membeli
barang yang mereka inginkan. Dengan akses internet yang mudah, masyarakat
semakin mudah untuk mencari barang yang mereka butuhkan melalui website jual
beli tersebut.
-
Sosial Media
Selain website, terdapat juga social media yang
digunakan oleh penjual untuk mempromosikan produk mreka. Sebagai contoh :
Instagram. Instagram merupakan social media untuk berbagi foto. Para pelaku
dagang memanfaatkan fitur pada social media ini untuk mempromosikan produk
mreka melalui foto produk mreka.
Sumber :
-
http://www.pengertianku.net/2014/09/mengetahui-pengertian-website-dan-jenisnya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar