Selasa, 07 Maret 2017

WEB CONTENT

Image result for what is web content


PENGERTIAN WEB CONTENT


Web content adalah komponen atau bagian yang terdapat di dalam sebuah website.

Web content merupakan hal yang harus diperhatikan oleh seorang web developer maupun web designer selain memperhatikan kegunaan dan tampilan antar muka pengguna website tersebut, karena konten daripada website yang membuat pengguna kembali ke website tersebut untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Image result for website
JENIS WEB CONTENT

Web content dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

·         Teks
Web content jenis teks adalah web content yang dimana isi dari website tersebut berupa teks atau tulisan untuk menjelaskan tentang informasi tertentu. Web content jenis ini biasanya dipadukan dengan jenis yang kedua (multimedia). Sehingga pengguna website tidak bosan karena website yang penuh dengan tulisan.

·         Multimedia
Web content jenis multimedia adalah web content yang dimana isi dari website tersebut terdapat gambar, video, audio dan animasi. Web content jenis multimedia ini digunakan agar penyampaian informasi kepada pengguna website tidak monoton. Selain itu, membantu pengguna untuk memvisualisasikan informasi yang mereka butuhkan.

Beberapa komponen multimedia yang digunakan pada isi halaman web adalah :

o   Gambar
pada umumnya konten halaman web menggunakan gambar untuk menjelaskan tentang informasi ditambah dengan teks untuk memperjelas maksud dari gambar tersebut. Beberapa Software yang dapat membantu kita dalam mengolah gambar yaitu : Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw dan lain sebagainya.

Image result for logo photoshop png Image result for logo illustrator png

o   Video
Penggunaan video digunakan untuk tutorial ataupun E-learning saat ini. Dengan penggunaan video, pengguna lebih mudah memahami materi yang diberikan karena visual yang diberikan lebih mudah dipahami dibandingkan dengan gambar. Software yang dapat membantu kita dalam mengolah video yaitu : Adobe premier, Sony vegas dan lain-lain.
Image result for logo adobe premiere pngImage result for logo sony vegas png

o   Audio
Audio merupakan salah satu media yang digunakan untuk sebuah web content. Selain sebagai hiburan (audio pada web) ataupun sebagai paduan yang baik untuk penggunaan video. Software yang dapat membantu kita dalam mengolah audio yaitu : foobar2000, audacity.
Image result for logo foobar pngImage result for logo audacitypng

o   Animasi
Animasi merupakan gambar yang  bergerak. Jenis multimedia ini merupakan alternatif dari pembuatan video karena lebih menghemat memori. Selain itu menghemat waktu rendering video yang relatif lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar