Senin, 10 Oktober 2016

Internet Of Things

Apa Itu Internet Of Things?

Internet of things atau biasa disebut dengan IoT merupakan suatu konsep baru yang dikembangkan dan popular belakangan ini. Namun, sampai sekarang definisi standar Internet of Things belum ada. Secara garis besar, Internet of Things merupakan sebuah konsep dengan tujuan untuk menghubungkan benda-benda disekitar kita sehingga dapat berinteraksi satu dengan yang lain dengan konektivitas internet.

Kelebihan Internet Of Things

           Internet of Things dikembangkan karena memiliki tujuan untuk memudahkan manusia dalam aktivitasnya sehari-hari.  Dengan adanya Internet of Things, manusia akan lebih efisien dalam menggunakan sumber daya yang ada. Selain itu, dengan IoT diharapkan juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu dari manusia itu sendiri.



Kekurangan  Internet Of Things

        Selain kelebihan, Internet of Things juga memiliki kekurangan yang mungkin akan timbul seperti biaya perawatan yang mahal karena dibutuhkan tenaga ahli untuk menangangi permasalahan yang terjadi pada perangkat IoT yang digunakan. Selain itu, dengan adanya perangkat IoT menimbulkan permasalahan baru tentang keamanan dari cyber crime yang bisa saja terjadi melalui perangkat IoT yang terhubung dengan konektivitas internet. Masalah lain yang muncul adalah tentang masalah panas berlebih dari perangkat Internet of Things yang dimana akan aktif secara terus menerus baik digunakan maupun tidak.

Penerapan Internet Of Things

        Penerapan Internet of Things pada kehidupan sehari-hari dapat kita lihat dengan adanya smartwatch dari beberapa brand teknologi terkenal. Mereka menciptakan smartwatch yang dimana dapat memonitor aktivitas dari smartphone mereka. Seperti notifikasi, ataupun melakukan panggilan serta mengirim pesan langsung melalui smartwatch. Dengan keberadaan perangkat pintar yang dapat berinteraksi dengan perangkat lainnya, akan semakin merealisasikan konsep Internet of Things dalam kehidupan manusia. Selain itu, beberapa contoh konkrit dari “wearable” yang mulai dipasarkan di dunia adalah : Google Glass, Google Nest, Nike Fit, dan Samsung Smart Watch. Tidak hanya wearables, Samsung juga mulai merambah dan mengembangkan teknologi IOT di bidang consumer appliances seperti : Smart Air Conditioner, Smart TV, Smart Refrigerator. Pada tahun 2017, menurut CEO Samsung, 90% dari semua produk Samsung akan berupa perangkat IOT, termasuk semua televisi dan perangkat mobile. Dua tahun berikutnya, semua produk Samsung akan siap dengan koneksi IOT. Kompetitor terdekat Samsung, yakni Apple pun memiliki upaya di bidang IOT dengan proyek Homekit, yang merupakan protokol pengontrol rumah pintar melalui sistem operasi iOS. Beberapa produk Apple tersebut antara lain iHome, Incipio, GridConnect, dan iDevices. Semua perangkat Apple Homekit tersebut akan dipasarkan dalam waktu dekat ini.


Daftar Pustaka :

https://id.techinasia.com/implementasi-iot-di-keseharian
https://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar