Senin, 24 Oktober 2016

PENGARUH MEDIA TERHADAP DUNIA BISNIS

PENGARUH MEDIA TERHADAP DUNIA BISNIS

Apa itu Media?



Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

Apa itu Bisnis?


            Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Pengaruh Baik Media Terhadap Dunia Bisnis

Meningkatkan Efektifitas dan efisiensi
Pemilik bisnis dapat menggunakan media yang ada untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja mereka. Dengan begitu lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan waktu yang relative lebih singkat.
Meningkatkan Potensi Bisnis

media memungkinkan perusahaan untuk dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah baik itu dalam atau luar negeri. Bahkan usaha kecil pun mampu bersaing dengan usaha yang lebih besar menggunakan koneksi internet dan memasarkan produk mereka disana. Terlebih dengan penggunaan website, penjualan internet dapat beroperasi selama 24/7 sehingga memungkinkan perusahaan untuk menawarkan productnya secara terus menerus.

Memunculkan Paradigma Baru Dalam Bisnis
Dalam konteks bisnis, media membawa dampak yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis yang dikenal dengan nama digital marketing atau internet marketing yang memanfaatkan internet sebagai media pasar.

Pengaruh Buruk Media Terhadap Dunia Bisnis


Munculnya Modus Kejahatan Baru
Munculnya media, seperti media online sebagai sarana untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan kepada pembeli, memiliki potensi untuk modus kejahatan baru antara lain pembobolan akun online untuk berbelanja, yang dimana terdapat data penting pengguna seperti nomor rekening dan data pribadi pengguna. Selain itu, juga terjadinya penipuan dari media yang menawarkan jasa atau barang, padahal barang tersebut atau jasa tersebut tidak ada.

Biaya yang cukup besar
            Dalam pembuatan iklan melalui media massa, media cetak, ataupun yang lainnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dalam pembuatan sebuah iklan dibutuhkan tenaga ahli dan ide kreatif yang menunjang keberhasilan sebuah iklan untuk meningkatkan penjualan barang. Kecuali media online yang hanya membutuhkan koneksi internet untuk mempromosikan barang dan jasa.

Jangkauan Konsumen
            Konsumen merupakan target dari sebuah bisnis. Peran media diharapkan dapat mencakup semua kalangan masyarakat. Namun, tidak semua masyarakat menggunakan media yang sama untuk mendapatkan informasi, bahkan untuk kebutuhan barang dan jasa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, diperlukan banyak media massa yang murah dan menjangkau semua lapisan masyarakat seperti lapisan masyarakat menengah kebawah.

Daftar pustaka :
http://8thinktank.co.id/business/dampak-perkembangan-teknologi-terhadap-bisnis-anda/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar